Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

Buku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche

Books CollectionBuku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche
  • Judul Buku: Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche
  • Penulis: F. Budi Hardiman
  • Penerbit: Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007
  • Cetakan: Cetakan kedua, Maret 2007
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: 979-22-1043-1

Sinopsis Buku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche

Suatu hari Rousseau kehilangan arlojinya karena dicuri orang. “Ah, untunglah,” katanya, “sekarang aku tak perlu melihat jam lagi hingga juga tak perlu menghitung waktu pula.” Cerita ini hanyalah salah satu fragmen dalam buku yang memuat pemikiran sekitar 50 filsuf modern selama kurang lebih 400 tahun ini, mulai dari Machiavelli di zaman Renaisans abad ke-16 sampai dengan pemikiran Nietzsche di akhir abad ke-19.

Penulisnya mengajak kita tidak hanya untuk mendalami ide-ide besar, seperti “aku berpikir, maka aku ada” (Descartes) atau “Yang rasional itu real, yang real itu rasional” (Hegel), melainkan juga menikmati kisah-kisah herois-tragis para jenius filsafat Barat, seperti dibakarnya Bruno di Roma, diusirnya Spinoza dari sinagoga, melankoli Kierkegaard, kegilaan Nietzsche, atau kisah rahasia, seperti anak Hegel yang mati di Batavia.

READ ALSO:  Buku Institutional Economics: Social Order And Publlic Policy

Bahkan dihidangkan juga lecehan dari si murung Schopenhauer, seperti “perempuan itu ‘makhluk bawah. semacam tahap menengah antara anak-anak dan laki-laki dewasa”, atau pengakuan Marx yang mengejutkan aktivis gerakan: “Segala yang kuketahui: Aku bukan Marxis!”
Gagasan-gagasan para filsuf modern itu kerap tidak nyaman di telinga para penjaga status quo: kedengaran ‘subversif bagi rezim politis, ‘bidaah’ bagi ortodoksi agama, dan ‘sinting’ bagi mediocrity.

EYRCLS Books Collection - Buku Filsafat Modern - Dari Machiavelli sampai Nietzsche
EYRCLS Books Collection – Buku Filsafat Modern – Dari Machiavelli sampai Nietzsche

Namun merekalah yang membuka jalan bagi kebebasan berpikir. Tanpa mereka kiranya orang tak pernah berani secara rasional mendekati misteri manusia, masyarakat, dunia, dan tuhan seperti yang kini berkembang dalam berbagai ilmu modern.

Sains, teknik, ekonomi kapitalistis, negara hukum dan demokrasi modern berpangkal dari sebuah pemahaman filosofis yang lalu menjadi elemen modernitas kita, yakni: subjektivitas (rasionalitas), idea kemajuan (the idea of progress), dan kritik.

Para filsuf modern mengembangkan ketiga elemen kesadaran modern itu dalam berbagai ajaran, mulai dari humanisme Renaisans, rasionalisme, empirisme, kritisisme, idealisme, materialisme. romantisme, dan positivisme.

Dilengkapi dengan catatan pinggir, kata-kata mutiara, cuplikan teks orisinal. bagan, foto, lukisan, tip praktis, kamus, dan bahkan anekdot, buku ini menjadi sebuah buku referensi dan pengantar yang unik ke dalam sejarah filsafat Barat modern yang layak dibaca oleh dosen, mahasiswa, budayawan, aktivis gerakan, penulis, politikus, dan siapa saja yang ingin mengetahui fundamen-fundamen mental yang terdalam dari peradaban modern.

READ ALSO:  Buku Commercial Arbitration Law in Asia and The Pacific

Buku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche ini terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies yang nantinya akan dibuka untuk kalangan umum. Rekan-rekan dapat membacanya di tempat atau, setelah mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan kami. Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan EYR CLS, silahkan buka halaman Pendaftaran.

Untuk melihat koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies, silahkan buka halaman Katalog Perpustakaan EYR Center for Legal Studies. Untuk melihat Sinopsis buku lainnya, silahkan buka halaman Books Collection.

Nantikan koleksi buku kami selanjutnya ya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

EYRCLS Books Collection - Buku Digital Crossroads - Telecommunications Law And Policy In The Internet Age

Buku Digital Crossroads: Telecommunications Law And Policy In The Internet Age

Judul Buku: Digital Crossroads: Telecommunications Law And Policy In The Internet Age Penulis: Jonathan E. Nuechterlein & Philip J. Weiser Penerbit: New York:...
EYRCLS Books Collection - Buku Commercial Arbitration Law in Asia and The Pacific

Buku Commercial Arbitration Law in Asia and The Pacific

Judul Buku: Commercial Arbitration Law in Asia and The Pacific Penulis: Kenneth R. Simmonds, Brian H. W. Hill and Sigvard Jarvin Penerbit: United...
EYRCLS Books Collection - Buku Legal Malpractice (Third Edition)

Buku Legal Malpractice (Third Edition)

Judul Buku: Legal Malpractice (Third Edition) Penulis: Ronald E. Mallen & Jeffrey M. Smith Penerbit: United States of America: West Publishing Co., 1989 Edisi:...
EYRCLS Books Collection - Buku Legality and Legitimacy

Buku Legality and Legitimacy

Judul Buku: Legality and Legitimacy Penulis: Carl Schmitt Editor: Jeffrey Seitzer Penerbit: Amerika Serikat: Duke University Press, 2004 Cetakan: 3rd printing, 2007 Bahasa:...
id_IDIndonesian