Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

Buku Ilmu Hukum

Books CollectionBuku Ilmu Hukum
  • Judul Buku: Ilmu Hukum
  • Penulis: Prof. Dr. Satjipto Rahardjo, S.H
  • Penerbit: Bandung: Citra Aditya Bakti, 2000
  • Cetakan: Cetakan kelima, 2000
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: 9794146005

Sinopsis Buku Ilmu Hukum

Sejak buku “Ilmu Hukum” edisi pertama terbit hampir dua puluh tahun yang lalu, telah terjadi banyak perubahan di dunia. Ilmu pengetahuan tidak steril dan hal itu dapat diamati pada dinamika ilmu hukum yang dari abad ke abad mengalami perubahan.

Perubahan dan perkembangan tersebut memiliki suatu pola yang menunjukkan adanya hubungain kait-mengait antara perubahan sosial, masalah yang muncul dari perubahan tersebut dan respons yang diberikan oleh ilmu hukum dan teori hukum.

EYRCLS Books Collection - Buku Ilmu Hukum
EYRCLS Books Collection – Buku Ilmu Hukum

Dalam buku ini disediakan bab tersendiri untuk membahas dinamika perubahan masyarakat yang memilikit pengaruh besar terhadap ilmu hukum, yaitu munculnya fenomena negara modern.

Munculnya negara modern memang tidak berdiri sendiri, melainkan berkaitan dengan banyak kejadian penting seperti cara produksi ekonomi industrial dan kapitalisme. Pada gilirannya perubahan-perubahan tersebut melahirkan hukum modern.

Negara modern dan hukum modern merupakan titik-titik ordinans bagi kelahiran suatu tipe berpikir hukum yang mendominası abad kesembilan belas dan yang masih berlanjut sampai memasuki abad kedua puluh satu. Tipe tersebut adalah analitis-positivistis atau yang dalam tradisi Belanda dikenal sebagai rechsdogmatiek yang banyak dibicarakan dalam buku ini.

READ ALSO:  Buku The Economic Institutions Of Capitalism

Sejak abad kesembilan belas dan memasuki abad kedua puluh terjadi perubahan-perubahan politik, sosial dan ekonomi penting yang menggugat kemapanan ilmu hukum yang analitik-positivistik tersebut.

Meminjam istilah yang dipakai oleh Alan Junt, gugatan terhadap kemapanan tersebut muncul dalam suatu gerakan sosiologis dalam ilmu hukum (the sociological movement in law). Maka untuk lebih melengkapi buku “Ilmu Hukum” ini sehingga diperoleh perspektif yang lebih luas, dianjurkan juga untuk membaca buku-buku lain, seperti Sosiologi Hukum yang direncanakan terbit dalam tahun ini.

Proses globalisasi merupakan hal lain yang perlu diamati dalam kaitannya dengan ilmu hukum. Sebagaimana ditunjukkan dalam buku ini kelahiran hukum modern berkaitan sangat erat dengan fenomena munculnya negara modern.

Tetapi sekarang, dunia mengalami perubahan mendasar di mana eksistensi dari negara modern yang begitu teguh pada abad kedelapan belas menjadi semakin mencair. Eropa mengalami perkembangan yang paling ekstrem dengan menjadi satu persatuan negara-negara.

Di bagian lain dari dunia terjadi perubahan yang tidak kalah pentingnya, yaitu melalui proses penataan regional yang melaturkan ASEAN dan lain-lain. Jelas keadaan yang demikian sangat berpengaruh terhadap faktor kedaulatan yang merupakan unsur penting dalam hukum.

READ ALSO:  Buku The Ethics of Information Technology and Business

Perubahan-perubahan penting dan mendasar tersebut belum dapat dibicarakan dalam buku edisi sekarang, tetapi setidaknya isyarat untuk itu sudah diberikan, seperti dalam pembicaraan mengenai perkembangan hukum modern.

Pencantuman bab tersebut merupakan isyarat untuk senantiasa membicarakan hukum dan ilmu hukum dalam konteks yang lebih luas, yaitu masyarakat dan dunia.

Buku Ilmu Hukum ini terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies yang nantinya akan dibuka untuk kalangan umum. Rekan-rekan dapat membacanya di tempat atau, setelah mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan kami. Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan EYR CLS, silahkan buka halaman Pendaftaran.

Untuk melihat koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies, silahkan buka halaman Katalog Perpustakaan EYR Center for Legal Studies. Untuk melihat Sinopsis buku lainnya, silahkan buka halaman Books Collection.

Nantikan koleksi buku kami selanjutnya ya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

EYRCLS Books Collection - Buku An Introduction to Indonesian Law - Unity in Diversity

Buku An Introduction to Indonesian Law: Unity in Diversity

Judul Buku: An Introduction to Indonesian Law: Unity in Diversity Penulis: Sudargo Gautama - Robert N. Hornick Penerbit: Bandung: Alumni, 1976 Bahasa: Inggris Sinopsis...
EYRCLS Books Collection - Buku International Rules - Approaches from International Law and International Relations

Buku International Rules: Approaches from International Law and International Relations

Judul Buku: International Rules: Approaches from International Law and International Relations Penulis: Robert J. Beck, Anthony Clark Arend, Robert D. Vander Lugt Penerbit...
EYRCLS Books Collection - Buku Filsafat Modern - Dari Machiavelli sampai Nietzsche

Buku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche

Judul Buku: Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche Penulis: F. Budi Hardiman Penerbit: Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007 Cetakan: Cetakan kedua, Maret...
EYRCLS Books Collection - Buku The World Is Flat - A Brief History of The Twenty-First Century

Buku The World Is Flat: A Brief History of The Twenty-First Century

Judul Buku: The World Is Flat: A Brief History of The Twenty-First Century Penulis: Thomas L. Friedman Penerbit: New York: Farrar, Straus and...
id_IDIndonesian