Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

Buku Manusia dan Kebudayaan di Indonesia

Books CollectionBuku Manusia dan Kebudayaan di Indonesia
  • Judul Buku: Manusia dan Kebudayaan di Indonesia
  • Penulis: Prof. Dr. Koentjaraningrat
  • Penerbit: Djambatan, (Indonesia)
  • Cetakan: Keenam, 1981
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: –

Sinopsis Buku Manusia dan Kebudayaan di Indonesia

Buku Manusia dan Kebudayaan di Indonesia adalah karya perdana dari para dosen Antropologi generasi pertama tanah air yang dimotori oleh Prof. Koentjaraningrat (Selanjutnya saya sebut dengan Prof Koen). Buku ini adalah karya etnografi yang hampir sebagian besar dihimpun dari data pustaka oleh berbagai macam antropolog masa perkembangan awal di Indonesia.

Buku ini adalah representasi kebudayaan Indonesia dengan berbagai kompleksitasnya yang tersebar dari Sabang sampai Maeruke. Berdasarkan keterangan dari Prof. Koen pada bab pembuka yang menyatakan bahwa data yang diambil adalah data pustaka. Membaca buku ini terasa seperti bertamasya dalam keragaman dan kompleksitas kebudayaan di Indonesia yang dijelaskan dengan format khusus yang seakan baku.

Format khusus yang dimaksud setelah membaca buku ini adalah pada setiap pembagian kebudayaan yang dibahas tampak penjelasan sistematis yang dibakukan meliputi penjelasan tentang identifikasi, kekerabatan dan sistem perkawinan, religi, demografi wilayah, kesenian, organisasi sosial dan pada pembahasan yang akhir adalah pembangunan dan modernisasi.

READ ALSO:  Buku The Life of The Law: Anthropological Projects

Buku ini juga menjelaskan suku bangsa yang ikut mewarnai kebudayaan Indonesia yaitu etnis Tionghoa, sebuah kajian bagus untuk lebih memantapkan rasa toleransi terhadap salah satu etnis yang kerap dipinggirkan dan dianggap minoritas.

EYR CLS Book Collection - Manusia dan Kebudayaan di Indonesia
EYR CLS Book Collection – Manusia dan Kebudayaan di Indonesia

Jika dilihat dari konteks kekinian yang menengahkan aktualitas, sebagian besar data yang tersaji khususnya yang bersifat kuantitatif adalah data yang ketinggalan jaman dan terpengaruh oleh rezim orde baru.

Buku ini masih sedikit menyinggung mengenai persebaran dari berbagai etnis yang ada dan interaksinya dengan etnis yang lain, dialog dan interaksi kebudayaan menjadi kajian yang penting dalam melihat keragaman etnis di Indonesia, sehingga jika terjadi masalah dikemudian hari kita telah mempunyai akar permasalahannya.

Tidak ada pembicaraan yang lebih mendalam mengenai dinamika sosial budaya dan hal ini menjadi masalah bagi pembaca yang kritis. Dinamika yang dibahas adalah pembangunan dan modernisasi yang lebih mengarah pada pengadaan inftrastruktur yang sedikit menyentuh ranah budaya.

Buku Manusia dan Kebudayaan di Indonesia ini terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies yang nantinya akan dibuka untuk kalangan umum. Rekan-rekan dapat membacanya di tempat atau, setelah mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan kami. Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan EYR CLS, silahkan buka halaman Pendaftaran.

READ ALSO:  Buku Legal Theory (Palgrave Macmillan Law Masters)

Untuk melihat koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies, silahkan buka halaman Katalog Perpustakaan EYR Center for Legal Studies. Untuk melihat Sinopsis buku lainnya, silahkan buka halaman Books Collection.

Nantikan koleksi buku kami selanjutnya ya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

EYRCLS Books Collection - Buku The Shareholder Settlement Program

Buku The Shareholder Settlement Program

Judul Buku: The Shareholder Settlement Program: A Pragmatic Resolution to confront a Systemic Banking Crises in view of the Dysfunctional Legal System and...
EYRCLS Books Collection - Buku Ethics = Managing Corruption VS. Conscience

Buku E=MC2? Ethics = Managing Corruption VS. Conscience

Judul Buku: E=MC2? Ethics = Managing Corruption VS. Conscience Penulis: Holip Soekawan Penerbit: Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, Bahasa: Inggris ISBN: 9796949164 Sinopsis Buku...
EYRCLS Books Collection - Buku The Life of The Law - Anthropological Projects

Buku The Life of The Law: Anthropological Projects

Judul Buku: The Life of The Law: Anthropological Projects Penulis: Laura Nader Penerbit: California: University of California Press, ©2002 Cetakan: Cetakan pertama, 2002 ...
EYRCLS Books Collection - Buku Corporate & Personal Insolvency Law

Buku Corporate & Personal Insolvency Law

Judul Buku: Corporate & Personal Insolvency Law Penulis: Fiona Tolmie Penerbit: Great Britain: Cavendish Publishing Limited, ©2003 Cetakan: Second edition, 2003 Bahasa: Inggris ...
id_IDIndonesian