Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

Buku Prospek Dan Tantangan Pembangunan Bidang Ekonomi, Politik Dan Hukum Pemerintahan Baru

Books CollectionBuku Prospek Dan Tantangan Pembangunan Bidang Ekonomi, Politik Dan Hukum Pemerintahan Baru
  • Judul Buku: Prospek Dan Tantangan Pembangunan Bidang Ekonomi, Politik Dan Hukum Pemerintahan Baru
  • Penulis: Juli Panglima Saragih
  • Penerbit: Jakarta : Pusat Pengkajian dan Pelayanan Informasi Sekretariat Jenderal DPR RI, 2004
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: 978-979-9052-32-7

Sinopsis Buku Prospek Dan Tantangan Pembangunan Bidang Ekonomi, Politik Dan Hukum Pemerintahan Baru

Pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung yang pertama dilakukan di Indonesia sudah selesai yakni dengan terpilihnya Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden dan Muhamad Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden untuk periode Oktober 2004-Oktober 2009.

Dengan terpilihya Presiden dan Wakil Presiden terpilih tersebut di atas, susunan kabinet baru juga sudah dibentuk dengan dilantiknya berbagai Menteri. Baik yang bertugas sebagai menteri coordinator, menteri yang memimpin departemen maupun menteri Negara.

Di tengah kondisi ekonomi dan politik serta hukum yang walaupun cenderung membaik, tetapi masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintahan baru mendatang. Persoalan ekonomi lima tahun ke depan tidak bertambah ringan. Berbeda halnya dengan persoalan politik yang cenderung tidak mempengaruhi kesinambungan pembangunan ekonomi dan bidang lainnya.

READ ALSO:  Buku Considerations on Representative Government

Dengan selesainya pemilu anggota legislatif dan presiden dan wakil presiden, merupakan salah satu indikator persoalan politik hampir sudah tidak ada lagi. Tetapi tidak berarti dalam lima tahun ke depan tantangan pembangunan politik khususnya dalam mempertahankan dan mengembangkan demokrasi tidak ada.

Persoalan di bidang ekonomi memang sangat kompleks. Dalam buku ini tidak dapat diuraikan dan diulas satu demi satu. Tetapi para penulis dalam buku ini mencoba untuk menguraikan dan menganalisanya termasuk prospek ekonomi lima tahun ke depan.

Kita melihat ada harapan terhadap prospek pembangunan ekonomi, baik ekonomi makro maupun ekonomi mikro. Dalam tataran ekonomi makro misalnya, upaya mempertahankan dan menekan laju inflasi ke tingkat paling rendah dan menggenjot pertumbuhan ekonomi (PDB) mulai tahun 2005 mendatang tidaklah mudah.

Persoalan lain yang harus dipecahkan adalah masih menumpuknya stock utang luar negeri pemerintah. Dan sejak pemerintahan mantan Presiden Abdurachman Wahid dan Megawati Soekarnoputri, pemerintah tetap saja mengajukan proposal pinjaman baru setiap tahun kepada CGI yang dicantumkan dalam APBN.

Argumentasi pemerintah adalah untuk membiayai defisit anggaran dalam APBN sejak tahun 2000-2004. Anggaran Negara pada tahun anggaran 2005 juga masih defisit kendati relatif kecil dibandingkan tahun-tahun anggaran sebelumnya.

READ ALSO:  Buku Ethics for The Information Age

Masih banyak persoalan dan tantangan pembangunan ekonomi dan hukum yang harus dipecahkan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Masalah pengangguran dan penegakan hukum juga harus mendapat perhatian utama dari kabinet baru. Salah satu upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran adalah menggenjot laju pertumbuhan investasi, terutama investasi asing (Foreign Direct Investment).

Buku ini mencoba untuk mengulas berbagai hal di bidang ekonomi, politik dan hukum yang dihadapi pemerintahan baru kurun waktu 2004-2009. Pemerintah boleh berganti, namun permasalahan dan tantangan pembangunan tidak berhenti, malah dapat meningkat, sesuai dengan dinamika perekonomian domestik dan internasional.

Buku ini tidak dimaksud untuk dapat memuaskan para pembaca yang berkeinginan untuk mengetahui analisa ekonomi dan politik, namun secara sederhana mencoba untuk mengkaji berbagai prospek dan persoalan ekonomi ke depan serta memberikan beberapa solusi pemecahannya.

Buku ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam konteks kajian persoalan yang persifat aplikatif dan tidak teoritis, namun dapat memberikan informasi terbaru bagi para pembaca.

Semoga dengan terbitnya buku ini, para pembaca mendapat informasi, data serta tambahan pemahaman dan pengetahuan baru di bidang ekonomi dan politik serta hukum, kendati tinjauannya hanya dalam beberapa aspek saja, Karena persoalan ekonomi dan politik serta persoalan hukum di Indonesia sudah sangat kompleks, dan cenderung pemecahannya pun tidak menjadi domain dari teori dan ilmu ekonomi, politik dan hukum semata, tetapi sudah bersifat inter-disipliner.

READ ALSO:  Buku Oppenheim’s International Law: Ninth Edition, Vol. 1

Buku Prospek Dan Tantangan Pembangunan Bidang Ekonomi, Politik Dan Hukum Pemerintahan Baru ini terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies yang nantinya akan dibuka untuk kalangan umum. Rekan-rekan dapat membacanya di tempat atau, setelah mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan kami. Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan EYR CLS, silahkan buka halaman Pendaftaran.

Untuk melihat koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies, silahkan buka halaman Katalog Perpustakaan EYR Center for Legal Studies. Untuk melihat Sinopsis buku lainnya, silahkan buka halaman Books Collection.

Nantikan koleksi buku kami selanjutnya ya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

EYRCLS Books Collection - Buku The Shareholder Settlement Program

Buku The Shareholder Settlement Program

Judul Buku: The Shareholder Settlement Program: A Pragmatic Resolution to confront a Systemic Banking Crises in view of the Dysfunctional Legal System and...
EYRCLS Books Collection - Buku Ethics = Managing Corruption VS. Conscience

Buku E=MC2? Ethics = Managing Corruption VS. Conscience

Judul Buku: E=MC2? Ethics = Managing Corruption VS. Conscience Penulis: Holip Soekawan Penerbit: Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, Bahasa: Inggris ISBN: 9796949164 Sinopsis Buku...
EYRCLS Books Collection - Buku The Life of The Law - Anthropological Projects

Buku The Life of The Law: Anthropological Projects

Judul Buku: The Life of The Law: Anthropological Projects Penulis: Laura Nader Penerbit: California: University of California Press, ©2002 Cetakan: Cetakan pertama, 2002 ...
EYRCLS Books Collection - Buku Corporate & Personal Insolvency Law

Buku Corporate & Personal Insolvency Law

Judul Buku: Corporate & Personal Insolvency Law Penulis: Fiona Tolmie Penerbit: Great Britain: Cavendish Publishing Limited, ©2003 Cetakan: Second edition, 2003 Bahasa: Inggris ...
id_IDIndonesian