Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

“Sak Karepmu”, Buku tentang Emmy Yuhassarie Ruru

Books Collection"Sak Karepmu", Buku tentang Emmy Yuhassarie Ruru
  • Judul Buku: Sak Karepmu, Emmy Yuhassarie Ruru
  • Penulis: Bacelius Ruru, dkk
  • Penyelaras Aksara: Tesalonika Viena
  • Penerbit: Mataair Intisari Kinaweruan
  • Cetakan Pertama: 2021
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: 978-623-98714-0-6

Prolog “Tentang Sak Karepmu”

Oleh: Suhunan Situmorang

Pikiran yang dilandasi objektivitas, harus diakui, aktivitas, karya, dan perhatiannya selama 30 tahun lebih itu sangat layak diapresiasi. Sebutlah ia peneliti, akademisi, pengamat, konsultan, juga profesional. Kemudian ia dipercaya menjadi advisor atau staf khusus di kementerian, anggota Komite Etik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), komisaris di BUMN dan korporasi besar, tiada lain karena keahlian dan integritasnya yang dibutuhkan pihak yang diminta. Bukan pula karena suaminya mantan pejabat di Departemen Keuangan Republik Indonesia dan Ketua Bapepam.

Perhatiannya ke bidang hukum-terutama korporasi, bisnis ekonomi, etika bisnis dan jabatan yang koheren dengan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) serta pengelolaan pemerintahan yang bersih dan baik (clean and good governance)-memang mengherankan. Personalitas Emmy Yuhassarie (yang setelah menikah ditambah Ruru, nama fam suaminya) memang tak hanya kuat, juga unik dan langka.

EYR CLS Book Collection - Buku Sak Karepmu (front cover)
EYR CLS Book Collection – Buku Sak Karepmu (front cover)

Emmy Yuhassarie Ruru mengagungkan kemerdekaan dalam segala hal, maka siapapun tidak boleh dikerangkeng atau diperlakukan unfair hanya karena alasan gender, agama, keyakinan, budaya, strata sosial, pendidikan, ras. Meski dunianya tergolong mentereng dan jebolan University of California Berkeley (UCB) di Berkeley, California, ia bisa akrab dan suka mebicarakan isu-isu feminisme dengan pembantu rumah tangga di rumahnya, juga dengan sopirnya.

Awalnya ia ingin jadi perupa dengan mendalami seni lukis, namun tidak disetujui ayahnya akhirnya ia pilih kuliah hukum yang sebetulnya tidak disukainya. Seorang bernama Soetandyo Wignyosoebroto, dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, kemudian mengubah minat dan bidang yang digelutinya sampai akhir usianya. Pengajar sosiologi hukum yang sohor itu mampu memikat perhatian dan menumbuhkan minat Emmy ke studi hukum.

Esensi perhatian atau minat Emmy Yuhassarie Ruru sebenarnya humanisme, estetika dan etika meski kemudian ia total menekuni dunia hukum yang berkaitan dengan korporasi, bisnis-ekonomi, penegakan hukum, etikalah yang menjadi concern-nya. Etika pulalah yang kerap ia tekankan saat menjabat staf khusus di dua kementerian dan institusi yang membidangi keuangan (OJK) serta saat menjabat komisaris di BUMN dan perusahaan swasta.

EYR CLS Book Collection - Buku Sak Karepmu (back cover)
EYR CLS Book Collection – Buku Sak Karepmu (back cover)

“Kebetulan” saja ia dipercaya memimpin sebuah lembaga kajian hukum yang baru dibentuk beberapa pejabat Departemen Keuangan dan Sekretariat Negara serta praktisi hukum senior, yang diharapkan memberi masukan semacam academic draft atau prosiding untuk materi undang-undang dan peraturan yang dibutuhkan pemerintah; sebuah lembaga kajian berbadan hukum yayasan yang awalnya hanya dikerjakan empat orang, dan Emmy ditunjuk manager program. Lembaga kajian tersebut diberi nama Pusat Pengkajian Hukum (PPH).

Belakangan, ia banyak terlibat di kementerian sebagai staf khusus (Kementerian BUMN, Kominfo), anggota Komite Etik OJK, juga komisaris di PT BFI Tbk. Ia juga menjadi fasilitator, kemudian dipilih menjadi anggota dewan pengawas, dan kemudian Ketua Dewan Pengawas IICD (Indonesian Institute for Corporate Directorship), suatu lembaga independen dan nirlaba yang memfokuskan pelatihan dan penerapan good corporate governance bagi pelaku bisnis (BUMN, swasta).

Ia pun menjadi penjelajah yang bebas mengembangkan sayapnya, berupaya tidak tergantung pada siapapun, merdeka mengaktualisasikan pemikiran dan mengembangkan karirnya.

Review buku “Sak Karepmu, Emmy Yuhassarie Ruru” di media berita online:

1. INVESTOR ID

  • Judul Artikel: “Sak Karepmu”, Buku Biografi Emmy Y Ruru
  • Penulis: S.R Listyorini | 18 Des 2021 | 10:59 WIB

“…jika diucapkan oleh seorang ahli hukum tentu kesannya akan berlawanan dengan konotasi hukum normatif yang seyogyanya bersifat formal dan hitam – putih. Namun, dalam buku ini digambarkan bahwa kebebasan dan toleransi itu ada batasan kuat yang secara genuine dan universal bisa dinalar oleh semua manusia yaitu, apa yang disebut sebagai ethic.”

Link berita: https://investor.id/community/275027/quotsak-karepmuquot-buku-biografi-emmy-y-ruru

2. KORAN JAKARTA

  • Judul Artikel: “Sak Karepmu”, Cerminan Emmy Ruru yang Demokratis dan Moderat
  • Penulis: Marcellus Widiarto | 06 Januari 2022 | 08:14

“Judul Sak Karepmu mencerminkan bahwa Emmy adalah orang yang demokratis dan moderat. Ia sering memberi kebebasan pada orang yang meminta pendapat atau sarannya. Tetapi bila orang tersebut ragu dengan saran yang ia berikan, dengan logat khas Jawa Timur, spontan ia berkata, sak karepmu.”

Link berita: https://koran-jakarta.com/sak-karepmu-cerminan-emmy-ruru-yang-demokratis-dan-moderat?page=all

3. DETIK NEWS

  • Judul Artikel: Emmy Ruru, Pelukis yang Ahli Hukum Bisnis
  • Penulis: Sudrajat | 27 Des 2021 | 07:16

“.. berikutnya Emmy dan tim membantu menyiapkan berbagai aspek legal untuk IPO Garuda Indonesia, dan right issue BNI, Mandiri, Global Bond Pertamina, dan stock split saham BRI. Hasilnya, pada 2010 Kementerian BUMN meraup dana dengan jumlah fantastis, Rp 50 triliun!”

“Emmy menguasai segala aspek, dari filosofis hingga teknis sehingga saya merasa nyaman bekerja,” puji Mustafa Abubakar seperti tertulis di halaman 272.

Link berita: https://news.detik.com/berita/d-5871817/emmy-ruru-pelukis-yang-ahli-hukum-bisnis

4. KOMPASIANA

  • Judul Artikel: Sak Karepmu: Biografi Emmy Yuhassarie Ruru
  • Penulis: Surhayanto Mallawa | 15 Mei 2022 | 09:47

“Buku yang dikirim oleh Kristin Samah dengan judul “Sak Karepmu” Emmy Yuhassarie Ruru, Catatan tentang idealism, pemikiran, dan karya berdasarkan penuturan para sahabat.”

Link berita: https://www.kompasiana.com/mallawa/628068944b9a472f6540b034/sak-karepmu-biografi-emmy-yuhassarie-ruru

Jika Anda ingin memesan buku Sak Karepmu, Emmy Yuhassarie Ruru ini, Anda dapat mengontak EYR Center for Legal Studies (CLS) melalui Whatsapp, dengan mengklik tombol di bawah ini:

Tombol Whatsapp EYR CLS 3

Buku Sak Karepmu, Emmy Yuhassarie Ruru ini juga terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies (CLS) yang nantinya akan dibuka untuk kalangan umum. Rekan-rekan dapat membacanya di tempat, setelah mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan kami. Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan EYR CLS, silahkan klik link berikut: Contact Us.

Untuk melihat koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan EYR Center for Legal Studies, silahkan buka halaman Books Collection.

 

Nantikan koleksi buku kami selanjutnya ya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

EYRCLS Books Collection - Buku An Introduction to Indonesian Law - Unity in Diversity

Buku An Introduction to Indonesian Law: Unity in Diversity

Judul Buku: An Introduction to Indonesian Law: Unity in Diversity Penulis: Sudargo Gautama - Robert N. Hornick Penerbit: Bandung: Alumni, 1976 Bahasa: Inggris Sinopsis...
EYRCLS Books Collection - Buku International Rules - Approaches from International Law and International Relations

Buku International Rules: Approaches from International Law and International Relations

Judul Buku: International Rules: Approaches from International Law and International Relations Penulis: Robert J. Beck, Anthony Clark Arend, Robert D. Vander Lugt Penerbit...
EYRCLS Books Collection - Buku Filsafat Modern - Dari Machiavelli sampai Nietzsche

Buku Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche

Judul Buku: Filsafat Modern: Dari Machiavelli Sampai Nietzsche Penulis: F. Budi Hardiman Penerbit: Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007 Cetakan: Cetakan kedua, Maret...
EYRCLS Books Collection - Buku The World Is Flat - A Brief History of The Twenty-First Century

Buku The World Is Flat: A Brief History of The Twenty-First Century

Judul Buku: The World Is Flat: A Brief History of The Twenty-First Century Penulis: Thomas L. Friedman Penerbit: New York: Farrar, Straus and...
id_IDIndonesian