Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

15 Minutes Law Literacy – Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim

EYR CLS Education15 Minutes Law Literacy15 Minutes Law Literacy - Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim
  • Topik: Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim
  • Nama Program: 15 Minutes Law Literacy
  • Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/
    • Hari: Rabu, 13 Maret 2024
    • Pukul: 17.00 WIB
  • Narasumber: Kaisar Akhir, S.I.K., M.Sc., M.B.A., CTBE.
  • Host: Amartha Christine, S.H.

15 Minutes Law Literacy – Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim

Bagaimana kontribusi sektor kelautan dalam upaya mencapai Indonesia untuk mencapai target ENDC?

Laut tentunya dapat memberikan sumbangsih bagi Indonesia dalam mencapai ENDC. Hal ini dikarenakan laut memiliki fungsi sebagai pengendali iklim. Lautan dapat menyerap 25% dari semua emisi karbon dioksida dan menangkap 90% panas yang dihasilkan dari emisi karbon.

Dengan demikian, laut adalah sumber energi terbarukan yang luar biasa – angin lepas pantai dan energi laut, yang berasal dari sumber alami, seperti angin, air, dan pasang surut, yang tidak mengeluarkan karbon dioksida atau gas rumah kaca lainnya yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Artinya apabila sumber daya ini dipergunakan dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia dalam mencapai ENDC.

READ ALSO:  15 Minutes Law Literacy - Indonesia Electricity Day Update
15 Minutes Law Literacy - Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim
15 Minutes Law Literacy – Kelestarian Laut Kaitannya Dengan Pengendalian Perubahan Iklim

Apa saja potensi dan manfaat dari lautan?

  • Laut bermanfaat sebagai sumber protein hewani dan nabati. Dengan kata lain laut dapat menjadi salah satu sumber pangan. Selain itu, terdapat pula komponen bioaktif yang merupakan senyawa aktif dalam pangan fungsional yang dapat menguntungkan kesehatan, misalnya digunakan sebagai anti-cancer, antibiotik, dll.
  • Dari sisi energi, laut memiliki potensi untuk menyediakan energi misalnya gelombang laut. Energi ini dapat dimanfaatkan oleh warga yang berada di pulau kecil & terluar.
  • Kemudian dari sisi ekonomi, laut berpotensi sebagai sumber penghasilan misalnya di sektor pariwisata dan transportasi.

Apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk menangani dampak pencemaran laut?

Upaya yang dilakukan dapat dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan menghemat energi listrik, memilih untuk menggunakan transporasi umum daripada transportasi pribadi, tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai karena banyak ditemukan sampah plastik di laut yang menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global.

Kemudian, setelah kita telah mengamalkan hal-hal di atas, aksi ini dapat dilanjuti dengan melakukan advokasi. Serta dapat ikut turut aktif dalam kegiatan berbasis lingkungan, seperti kegiatan penanaman mangrove, dan konservasi laut.

READ ALSO:  15 Minutes Law Literacy: Belt and Road Initiative (BRI) - Perjanjian Model Kemitraan

Maritim Muda Nusantara melalui kantor perwakilannya di setiap provinsi telah melakukan kegiatan-kegiatan pelestarian laut. Apabila rekan-rekan memiliki kepedulian di area ini, rekan-rekan dapat turut berkontribusi. Dapatkan informasi terbaru melalui laman website berikut ini https://maritimmuda.id.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak videonya!

(Video akan segera diupload)

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

15 Minutes Law Literacy - Sistem Pemerintahan di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Sistem Pemerintahan di Indonesia

Topik: Sistem Pemerintahan di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 15 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Filosofi Bernegara di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Filosofi Bernegara di Indonesia

Topik: Filosofi Bernegara di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 8 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Isu Hukum Pada EO Konser Musik

15 Minutes Law Literacy – Isu Hukum Pada EO Konser Musik

Topik: Isu Hukum Pada EO Konser Musik Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 3 April...
15 Minutes Law Literacy - Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

Topik: Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 20 Maret...
id_IDIndonesian