Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

15 Minutes Law Literacy: Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura

EYR CLS Education15 Minutes Law Literacy15 Minutes Law Literacy: Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura
  • Topik: Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura
  • Nama Program: 15 Minutes Law Literacy
  • Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/
    • Hari: Rabu, 16 Agustus 2023
    • Pukul: 17:00 WIB
  • Narasumber: Josh Lee Kok Thong (Managing Director Future Privacy Forum)
  • Host: Yulianti S. Utami S.H., LL.M.
15 Minutes Law Literacy: Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura
15 Minutes Law Literacy – Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura

15 Minutes Law Literacy: Memahami Resiko Digitalisasi: Pelajaran dari Singapura

Di Kawasan Asia Tenggara, Singapura menjadi salah satu negara yang memberikan banyak perhatian kepada perkembangan digital. Hal ini termasuk dalam hal perlindungan data pribadi. Sebagaimana disadari, digitalisasi merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri di masa ini.

Namun kemudahan yang dibawa oleh teknologi digital perlu diimbagi dengan terjaminnya keamanan pengguna. Proses digitalisasi memungkinkan tercatatnya aktifitas pengguna secara online termasuk data pribadi pengguna. Untuk itu secara langsung maupun tidak langsung terbuka kesempatan penyalahgunaan penggunaan data yang dapat merugikan Subjek Data. Misalnya seperti penipuan, pencurian identitas dan sebagainya.

Menanggapi isu digitalisasi ini, Singapura mengambil posisi sebagai penyeimbang antara inovasi dan perlindungan data pribadi. Tidak dapat dipungkiri, penggunaan data adalah modal lahirnya inovasi. Singapura melihat inovasi dapat dihasilkan di dalam negeri atau dibawa dari luar negeri dalam bentuk investasi.

READ ALSO:  15 Minutes Law Literacy: Restorative Justice - Tajam ke Atas Humanis ke Bawah

Menyadari hal ini, Singapura berupaya menjaga iklim investasinya agar terus stabil untuk menarik inovasi dari asing. Sedangkan untuk menjaga keamanan warganya, pemerintah Singapura memperkuat rezim perlindungan data pribadi. Di samping itu pemerintah Singapura mendorong peningkatan literasi masyarakat dalam hal perlindungan data pribadi agar setiap masyarakat dapat berperan aktif untuk melindungi dirinya sendiri.

Salah satu inovasi yang belakangan sedang marak adalah penggunaan Artificial Intelligence (AI). Secara sederhana, AI merupakan kumpulan data (big data) yang diolah dengan menggunakan ilmu statistika. Di sini kembali isu perlindungan data pribadi menjadi penting.

Penggunaan AI, membantu pengguna memilih konten yang disukai, tetapi di sisi lain untuk melakukan hal tersebut AI telah melakukan profiling terhadap pengguna. Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa perusahaan pengguna AI menggunakan data pribadi untuk tujuan yang telah disepakati serta memiliki usaha untuk menjaga keamanan data pribadi.

Masih penasaran dengan topik ini? Yuk simak video diskusinya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

15 Minutes Law Literacy - Sistem Pemerintahan di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Sistem Pemerintahan di Indonesia

Topik: Sistem Pemerintahan di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 15 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Filosofi Bernegara di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Filosofi Bernegara di Indonesia

Topik: Filosofi Bernegara di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 8 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Isu Hukum Pada EO Konser Musik

15 Minutes Law Literacy – Isu Hukum Pada EO Konser Musik

Topik: Isu Hukum Pada EO Konser Musik Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 3 April...
15 Minutes Law Literacy - Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

Topik: Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 20 Maret...
id_IDIndonesian