Wijaya Grand Centre, South Jakarta, 12160

contact@eyr-cls.com

15 Minutes Law Literacy – Perdagangan Manusia di Sekitar Kita

EYR CLS Education15 Minutes Law Literacy15 Minutes Law Literacy - Perdagangan Manusia di Sekitar Kita
EYR CLS 15 Minutes Law Literacy - Perdagangan Orang di Sekitar Kita
EYR CLS 15 Minutes Law Literacy – Perdagangan Manusia di Sekitar Kita

15 Minutes Law Literacy – Perdagangan Manusia di Sekitar Kita

Ketentuan pada Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 mendefinisikan perdagangan orang atau perdagangan manusia sebagai suatu tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antarnegara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi.

Perdagangan manusia dapat terjadi pada siapa saja, tidak memandang usia, jenis kelamin ataupun latar belakang pendidikan. Alasan terjadinya karena banyak faktor, salah satunya yaitu faktor ekonomi berupa kurangnya lapangan pekerjaan, serta kurangnya kesadaran akan permasalahan ini sehingga korban lengah dan menjadi korban.

READ ALSO:  15 Minutes Law Literacy: Belt and Road Initiative (BRI) - Perjanjian Model Kemitraan

Kasus tindak pidana perdagangan orang ini banyak terjadi di Indonesia, tidak hanya pada kaum yang kurang perpendidikan, namun juga pada kalangan berpendidikan. Salah satu kasus terjadi pada salah seorang penyintas asal Indonesia yang melamar pekerjaan di luar negeri di perusahaan yang nampaknya bona vide. Tapi ternyata, setelah tiba di negara tersebut penyintas ini di sekap di tempat yang memadai dan dipaksa bekerja untuk judi online.

Beruntung penyintas ini dapat melarikan diri dan mencari perlindungan di Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat untuk kemudian dipulangkan. Namun, kisah ini tidak terjadi pada setiap korban. Masih banyak korban yang tidak dapat menyelamatkan diri dari jeratan para pelaku dan menjadi korban perdagangan orang untuk berbagai tujuan, seperti perbudakan, perdagangan organ, hingga prostitusi.

Tindak pidana perdagangan orang merupakan problema yang pelik yang kadang melibatkan oknum-oknum secara terorganisir. Penyelesaiannya pun perlu kerja sama berbagai pihak baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Maka dari itu diperlukan kehati-hatian lebih atas iming-iming ataupun modus para pelaku. Modus tersebut diantaranya dapat berupa lowongan pekerjaan dengan gaji yang besar, serta adanya perkawinan antarnegara melalui pesanan, yang mana pihak perempuan tidak mengetahui kondisi dari calon suaminya.

READ ALSO:  15 Minutes Law Literacy - Penyelesaian Sengketa Melalui Mediasi di KOMNAS HAM

Tertarik dengan isu ini? Yuk simak videonya!

spot_img

Written by:

EYR Center for Legal Studies (CLS)
EYR Center for Legal Studies (CLS)https://eyrcls.com
EYR Center for Legal Studies (CLS) is an Indonesian non-profit Civil Society Organization with focus on various law programmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


RELATED ARTICLES

15 Minutes Law Literacy - Sistem Pemerintahan di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Sistem Pemerintahan di Indonesia

Topik: Sistem Pemerintahan di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 15 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Filosofi Bernegara di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Filosofi Bernegara di Indonesia

Topik: Filosofi Bernegara di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 8 Mei 2024 Pukul:...
15 Minutes Law Literacy - Isu Hukum Pada EO Konser Musik

15 Minutes Law Literacy – Isu Hukum Pada EO Konser Musik

Topik: Isu Hukum Pada EO Konser Musik Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 3 April...
15 Minutes Law Literacy - Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

15 Minutes Law Literacy – Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia

Topik: Knowledge Update Perdagangan Karbon di Indonesia Nama Program: 15 Minutes Law Literacy Lived at EYR CLS Instagram: https://www.instagram.com/eyrcls/ Hari: Rabu, 20 Maret...
id_IDIndonesian